Monday, June 22, 2009

Mengenal Gamelan

Sekilas kita mendengar gamelan identik dengan lagu langgam yang mendayu-dayu dan sering dinikmati kebanyakan kaum tua (bapak2 atau ibu2). Akan tetapi, perkembangan dari jaman ke jaman, gamelan sekarang sudah bisa dinikmati juga para kaum muda. Dengan dipakainya gamelan sebagai perangkat untuk mengiringi lagu2 pop, dangdut sampai campur sari.
Untuk memulai dan sebelum memainkan seperangkat alat gamelan tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu peralatan gamelan yang terdiri dari bermacam-macam jenis dan bentuknya. Yang lazim kita lihat, di dalam seperangkat gamelan terdiri dari Kendang, Bonang, Saron, Demung, Peking, Kenong, Kempul, dan Gong. Tetapi kadangkala juga ada tambahan jenis peralatan gamelan yaitu: Gambang, Gender, Slenthem, Siter, dan Rebab. Kemudian untuk aliran jenis campur sari biasanya cuma terdiri dari Kendang, Saron, Demung, Peking, Kempul, Gong dan ditambah peralatan yang modern seperti Gitar, Bass Gitar, Drum, serta Keyboard (Organ).
Untuk jenis alat musik gamelan, biasanya terdiri dari dua macam yaitu Pelog dan Slendro. Adapun untuk Pelog biasanya terdiri dari nada 1 2 3 4 5 6 7 dan Slendro terdiri dari nada 1 2 3 5 6. Jadi perbedaan antara Pelog dan Slendro pada nada 4 dan 7.
Dengan kita sudah mengenal jenis dan bentuk serta cara memukul gamelan, kita bisa enjoy dalam memainkan semua peralatan gamelan.
Marilah kita selalu menjaga warisan kebudayaan......!!